IMAGINE
Hari ini (Jum'at), saya berkhutbah disuatu
mesjid, Acheh-Sumatra dengan judul: "TEMPELEKAN ALLAH SWT",
berdasarkan ayat-ayat dari surah Yasin:
IMAGINE
UROENJOE (DJUM'AT), LON KHUTBAK BAK SABOH
MEUSEUDJID DI ACHEH - SUMATRA NJENG DJUDULDJIH :"TEUMIMPLAK ALLAH
SWT", MEUASAI DARI AYAT-AYAT SURAH YASIN:
"Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu hai Bani
Adam agar supaya kamu tidak mengikuti (langkah) syaitan? Sesungguhnya syaitan
itu musuh yang nyata bagi kamu"(QS,36:60). Dan tundukpatuhilah kepadaKu
(ikutilah Aku). Inilah jalan yang (selurus)-lurus(nya) (QS, 36:61).
Sesungguhnya syaitan itu telah menyesatkan sebahagian besar diantaramu, Maka
apakah kamu tidak memikirkan? Inilah Jahannam yang dahulu kamu diancam
(dengannya).(QS,36:62). Masuklah (kamu) ke dalamnya pada hari ini disebabkan
kamu dahulu mengingkarinya (QS, 36:64). Pada hari ini Kami tutup mulut mereka;
dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka
terhadap apa yang dahulu mereka usahakan (QS, 36:65)
"Ken kalheueh lon peugah bak gata hai aneuk Adam
supaya bek taikot (langkah) sjaithan?
Sesungguhdjih sjaithannjan nakeuh musoh njeng njata bagi gata. Taikotkeuh Lon, njankeuh djalan njeng
siluroih-luroihdjih (siteupat-teupatdjih). Sesungguhdjih sjaithannjan kalheueh
dipeusisat seubahagian le dari gata. Maka peuekeuh hana taseumike? Njoekeuh
nuraka Jahannam njeng borodjeh gata diantjam ngennjan. Tatamengkeuh gata
dalamdjih urornjoe diseubabkan gata borodjeh taingkar. Bak uroenjoe teutop abah
awaknjan, djaroe dan gaki dieksaksi terhadap peue njeng borodjeh awaknjan
kreudjakan (Q.S, 36: 60 s/d 65)
Fokus saya adalah "waani'buduuni, haaza shiratum
mustaqim". (Ikutilah Aku, inilah jalan yang lurus).
Ketika kita buka kamus bahasa Hindunesia, "A'buduni" diterjemahkan
dengan "Sembahlah aku". Definisi daripada sembah adalah menempelkan
dahi pada objek yang disembah. Kata sembah adalah khasnya bahasa Hindu dan
Budha atau bhs Sangskerta (bhs Jawakuno) Ketika orang Hindu atau Budha
beribadah mereka menamakan dengan sebutan "Sembahyang", yang berarti
"Sembah Dewa". Dalam kamus bahasa Hindunesia juga dijelaskan
Sembahyang samadengan "Sembah Hiyang", Hiyang samadengan Yang,
samadengan Dewa. Hal ini lebih jauh dapat kita pelajari pada sila pertama dari
Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini mereka maksudkan tuhan Hiyang Maha Esa.
"Yang" disitu bukan kata sambung, sebab dituliskan dengan huruf
besar. (keterangan yang lebih jelas baca disini):
http://achehkarbala.blogspot.no/2009/06/tak-ada-satu-bahasapun-yang-mampu.html
Fokuslon nakeuh "waani'buduni,
haaza shiratum mustaqim". (Taikotkeuh Lon, njankeuh dja lan njeng
siluroih-luroihdjih). Meunje tabuka kamus basa Hendon, "a'buduni"
diterdjemah kan ngen "Seumahkeuh Lon". Definisi daripada
"seumah" nakeuh peudjab dhoe bak "obdjek" njeng diseumah.
Kata "seumah" nakeuh khasdjih basa Hindu dan Budha atawa basa
Sangskerta (basa Jawa kuno). Awak Hindu dan Budha ikheun "Seumayang"
watee di'ibadat. Ma'nadjih "seumah Dewa". Lam kamus basa Hendon
didjeulaihkan tjit, Seuma yang saban ngen "Seumah Hiyang". Hyang
saban ngen Yang, saban ngen Dewa. Hainjoe leubehget djeuet tanjoe peuladjari
(meureunoe) bak sila phon dari Pancasila: "Keutuhanan Yang Maha Esa".
Maksud awaknjan, "Tuhan Hyang Maha Esa". Yang disinan ken kata
sambong, seubab dituleh ngen huruf rajek (capital leter). (Keuteurangan njeng
leubeh djeulaih neubatja disinoe:
http://achehkarbala.bologspot.no/2009/06/tak-ada-satu-bahasapun-yang-mampu.html
Orang Sunni menuduh orang
Syi'ah menyembah batu. Lalu orang Syi'ah menjawab tuduhan: "kalian juga
menyembah tikar mushalla. Apa bedanya sih antara batu dan tikarmushalla?"
Kalau kami menaruh tanah Karbala diatas tikar Mushalla adalah berdasarkan
hadist Nabi: "Sujud tidak sah, kecuali diatas tanah". Justeru itulah
kami mengambil berkah dengan tanah Karbala (tanah tempat Syahidnya Imam
Hussein, cucu kesayangan Rasulullah saww, sebagai ketua pemuda di Surga). So secara tidak langsung kami
telah menghubungkan sejarah "benang merah" tersebut, hidup subur
dikalangan kami pecinta ahlulbayt.
Awak Sunni djitudoh awak
Syi'ah seumah batee. Maka awak Syi'ah geudjaweueb tudohannjan: "Awak
droeneuhpih neuseumah tika mushalla, peue bida, sih antara batee ngen tika
mushalla?" Meunje kamoe puduek tanoh Karbala (tanoh teumpat syahid Imam
Hussein, tjutjo keusajangan Rasulullah saww, seubagoe keutua peumuda di
Sjurga). Djadi seutjara hana langsong kamoe kameuhubong seudjarah
"beuneung mirah" njan udepnjata dikalangan kamoe peutjinta Ahlulbayt.
Darimana munculnya persoalan
diatas?
Dari kelirunya ketika
menterjemahkan "a'budu" kepada menyembah". Arti yang tidak melenceng daripada
"a'budu" adalah: "memperhambakan diri, mengikuti atau
tundukpatuh".
Pat teuka su-eue diwateueh? (peu sabab teuka
masalahnjan?)
Dari kekeliruan diterdjemahkan "a'budu" keu
"seumah". Arti njeng hana meulentjeng dari a'budu
nakeuh "memperhambakan diri, mengikuti atawa tundokpatoh".
Tidak seorangpun mampu menyembah Allah swt.
Jangankan menyembah, melihat saja manusia tidak mampu. Ingatlah peristiwa Nabi
Musa as minta Allah memperlihatkan Diri kepadanya. Hal ini dapat disaksikan
dalam Qur-an surah al A'raf ayat 143.
Hana meusidroepih mampu seumah Allah swt. Bektakheun
seumah, takalon manteng han sanggop. Natingat pristiwa Nabi Musa as lakee kalen
Allah? Hainjoe djeuet tasaksikan lam Qur-an surah al 'A'raf ayat 143:
"....."
Ketika Nabi masih di Dunia,
pernah duduk diatas pasir bersama para sahabat. Beliau membuat sebuah garis lurus dengan ranting yang
ada ditangannya. Beliau berkata: "Ini adalah jalanku yang lurus"
(Shiratulmustaqim). Lalu beliau membuat sebuah garis lagi yang juga lurus
tetapi besar dan didalamnya beliau buat garis kecil berkelok-kelok. (Macam
dahan petai yang lurus, dililit oleh tumbuhan yang menjalar). Kata Rasulullah
saww selanjutnya, itu adalah jalan syaithan (memang lurus juga tetapi bagi
orang yang benar imannya mampu membedakan dengan jalan yang lurus murni)
(Shiratul mustaqim). Sesekali kurva kelihatan muncul atas-bawah, persis macam
tumbuhan menjalar, lagi melilit pohon petai.
Watee nabi manteng di donja, pernah neuduek diateueh
anoe ngen para sahabat. Nabi neupeuget saboh gareh teupat (luroih) ngen ranteng
njengna bak djaroeneuh. Nabi neukheun: "Njoe nakeun djalanlon njeng teupat"
(Shiratulmustaqim). Lheuehnjan Nabi neupeuget saboh garektreuk njeng teupattjit
tapi rajek dan didalamdjih Nabi peuget garek ubeut meuwet-wet (lagee dheuen
peute njeng teupat dipalet le uret). Kheun Rasulullah saww lheuehnjan, njan
nakeuh djalan syetan (memang teupattjit tapi bagi ureueng njeng beutei
Imangeuh, sanggop geupeubida ngen djalan njeng teupat (luroih) asli)
(Shiratulmustaqim). Meudjan-djan kurva deuh, muntjol mijub-wateueh, preuseh
uret palet bakpeute.
Setelah kiamat dunia, semua manusia yang tidak
mengenal "Shiratulmustaqim" saat didunia, digiring ke dalam Neraka
kecuali manusia yang memang pantas mendapat "syafaat" dari Rasulullah
dan Ahlulbaytnya.
Lheueh kiamat donja bandum manusia njeng hana geuturi
"Siratulmustaqim" watee di donja, geuhila u dalam Nuraka keutjuali
manusia njeng memang pantas meuteumeu "Syafaa'at" dari Rasulullah dan
ahlulbaytnya.
Ketika Allah memerintahkan petugasNya (Malaikat) untuk
memasukkan orang-orang yang hitam muram wajahnya ke dalam Neraka, mereka
memohon pada Allah:
1). Ya Allah! Berilah kami kesempatan sekali lagi
untuk hidup di dunia, agar kami dapat mentaati Engkau.
Watee Allah Neupeurintah peutugaihNeuh (Malaikat)
untok peutameng ureueng-ureueng njeng hitam muram mukageuh u dalam Nuraka,
awaknjan meumohon nibak Allah:
1). Ya Allah!
Neubrikeuh kamoe keuseumpatan sigetreuk untok udep di donja, supaja kamoe
djeuet meuta'at Droeneuh.
2). Ya Allah! Isteri-isteriku, anak-anakku, (kalau
kebetulan isteri atau anaknya termasuk dalam golongan yang putih wajahnya),
masukkan mereka kedalam neraka dan masukkan aku kedalam syurga.
2). Ya Allah!
prumoh-prumohlon, aneuk-aneuklon, (meunje keubeutolan prumih atawa
aneuk-aneukgeuh teumasok lam golongan njeng puteh rupageuh), Neupeutameng
awaknjan lam nuraka dan Neupeutameng lon lam Sjuruga.
3). Ya Allah! Kalau kedua permohonan kami tidak dapat
Engkau kabulkan, jadikanlah kami sebagai tanah saja, kami tidak sanggup menahan
pedihnya siksaan api neraka.
Pengamat yang mulia ! Betapa sedihnya orang orang yang
wajahnya hitam muram pada saat itu. Begitu takutnya api Neraka sampai mereka
minta untuk dikorbankan anak atau isterinya, padahal betapa sayangnya mereka
kepada isteri dan anaknya saat di Dunia. Dan terakhir sekali sampai
mereka mohon untuk dijadikan tanah saja agar tidak terkena azab Neraka. Namun
yakinlah apa yang di-Firmankan Allah: "Dan Kami tidaklah menganiaya
mereka, namun merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri...." (QS, 11:
101)
3). Ya Allah! Meunje bandua
permohonan kamoe handjeut Neukabulkan, Neupeudjeuet kamoe keu tanoh manteng,
kamoe han sanggop meuteun peudeh that siksa Apui Nuraka.
Peungamat njeng mulia!
Beutapa seudeh ureueng-ureueng njeng hitam muram mukageuh bak saatnjan.
Lageenjan teumakot apui Nuraka sampe geulakee krubeuen aneuk atawa prumoh,
padahai that sajang awaknjan keu aneuk dan prumoh watee di Donja.
Dan keuneulheuehthat
awaknjan sampe geumohon beudjeuet keu Tanoh manteng mangat bek keuneng adeuep
Nuraka. Tapi beuneujakin peue njeng Neupeugah le Allah lam Qur-an: "Dan
Kamoe hana meuanianja awaknjan, tapi awaknjan keudroe njeng anianja droe keudroe......."
(QS, 11: 101)
Perhatikanlah sekali lagi
bagaimana zalimnya mereka terhadap sesama manusia, ketika mereka memiliki
kekuasaan di dunia. Mereka membunuh, menganianya, memperkosa, menghina,
mencuri, merampas, merampok dan menipu rakyat jelata sebagaimana sepak terjang
militer-militer dalam system yang menzalimi kaum dhuafa atau rakyat akar rumput
di seluruh Dunia. Kesemuanya itu akan mendapat balasannya di Akhirat kelak.
Mereka termasuk ke dalam golongan yang wajahnya hitam muram, walaupun di Dunia
wajah mereka putih dan cantik berseri-seri (nauzu billaahi minzalik).
Neupratikan sigetreuk kiban
zalem awaknjan terhadap seusama manusia, watee awaknjan na kuasa di Donja.
Awaknjan diseumeupoh mate, ani anja,
zina paksa, peuhina, tjeumeutjue (kropsi), meumaksa, meurampok dan
peungeut rakyat djeulata, lagee sipaktreudjang teuntra-teuntra lam system
nanggroe njeng peubuet zalem keu kawom njeng hana daya (kawom mustadhafin)
atawa rakyat "ukheue naleueng" di rata plosok Donja. Mandumnjan akan
meuteumeu meunalah di Akherat teuma. Awaknjan teumasok lam golongan njeng
rumandjih hitam muram, bahpih di Donja ruman awaknjan puteh dan lagak
meuseri-seri (Neupeudjuoh kamoe ya Allah dari hai njeng lageenjan)
Pada saat mereka memohon
agar dijadikan tanah saja, Allah menempelak mereka dengan tempelak yang sangat
menyakitkan sebagaimana yang diabadikan Allah swt. dalam surah Yasin yang saya
paparkan diawal khutbah: "Bukankah telah kuperintahkan kepadamu hai Bani
Adam supaya kamu tidak tunduk patuh kepada syaithan. Sesungguhnya syaithan itu
musuh yang nyata bagi kamu. Dan tunduk patuhlah kepada Ku. Inilah jalan yang
selurus-lurusnya. Sesungguhnya syaithan itu telah menyesatkan sebahagian besar
diantarakamu. Apakah kamu tidak berfikir? Inilah Neraka Jahannam yang dulu kamu
diancam (dengan nya). Masuklah kamu kedalamnya pada hari ini disebabkan kamu
dahulu mengingkarinya. Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, tangan dan kaki
Kami minta kesaksian terhadap apa yang telah mereka kerjakan dahulu"
(QS,36: 60-65)
Barakallahu li walakum fil
Qur-anil karim, wanah'ani waiyyakum bima fihi minal aayati wazikkril hakim,
wataqabbala minini waminggkum tilawatahu, innahu huassamiiul 'alim...
Khutbah ke 2, setelah duduk:
Memang "Shiratul
mustaqim" itu diklaim milik mereka oleh semua pemeluk agama. Baik Islam,
Nasrani, Yahudi, Hindu, Budha, Konfucu maupun agama lain sebagainya. Kenapa
mereka masing-masing mengklaim sebagai milik merekalah "Jalan
yanglurus"? Apakah kita harus saling bunuh-membunuh dengan alasan
klaim-klaim seperti itu macam sepakterjang "kaum Takfiri" yang lagi
populer namanya dewasa ini?
Jawabnya "Tidak".
Kalau kita termasuk manusia yang percaya kepada Allah swt, Dia berkata:
"Lakum diinukum waliadin" (Bagimu agamamu dan bagiku agamaku).
Adalah logik kalau orang
Islam mengatakan kecuali Agama Islam, yang lainnya semuanya sesat. Agama-agama
lainnya juga logik mengatakan hanya agama mereka yang lurus, yang lainnya semua
bengkok. Inilah yang dinamakan sesuai
"kepercayaan masing-masing".
Khususnya bagi kita yang
beragama Islam harus mampu menerima seruan Allah untuk berpikir dalam ayat
diatas. Mula-mula Allah menurunkan Nabi
Adam untuk memperkenalkan jalan yang lurus. Jalan tersebut akhirnya dibengkokkan
olen Qabil, anak Adam sendiri. Lama kemudian Allah memunculkan nabi Ibrahim
untuk memperkenalkan kembali jalan yang lurus yang sedang dirusak oleh Namrud.
Demikianlah Allah memunculkan Rasul-rasulnya silih berganti untuk
memperkenalkan jalanNya yang lurus (shiratalmustaqim). kepada Manusia agar
manusia tidak sesat di Dunia ini. Ketika jalan yanglurus ditangan nabi Musa dan
Harun dirusak oleh Samiri, Allah memunculkan Nabi 'Isa bin Maryam. Ketika Nabi
'Isa dihadang oleh musuh Allah akibat laporan pengikut Nabi 'Isa sendiri yang
munafiq, 'Isa dighaibkan Allah dengan ghaib Kubra sebagaimana Imam Mahdi al
Muntazhar, hingga simunafiq tadilah yang kena salib, disangka Nabi 'Isa.
Sebagai penutup Allah
memunculkan Nabi Muhammad saww untuk meluruskan kembali jalan lurus yang telah
dirusakkan sepanjang sejarah dunia.Dari ini beruntunglah manusia yang memahami
Nabi Muhammad dan misi terakhirnya di dunia, namun......
Setelah Nabi Muhammad
kembali kehadhirat Allah, dunia lagi-lagi kehilangan penyampai
"Shiratulmustaqim". Memang
mereka percaya kepada Nabi Muhammad tetapi tidak percaya kepada orang-orang
yang diangkat Nabi sebagai perpanjangan "keimamahannya". Sebahagian
orang khawatir kalau mereka menerima Imam Ali sebagai pemimpin mereka paska
kewafatan Rasulullah, kepemimpinan akan berkisar sekitar keluarga Rasulullah,
dimana mereka sangat ambisius untuk berkuasa. Ironbisnya pendapat mereka yang
keliru ini didukung oleh orang ramai. Padahal tidak ada argumen yang mampu
mematahkan argumen Rasulullah kecuali mereka itu pasti termasuk orang yang
tidak beriman kepada Rasulullah saww. Disinilah yang membuat kita heran, kenapa
sampai hari ini penentang kebijakan Rasulullah masih saja mendapat dukungan
oleh kebanyakan orang? Kita berdaya upaya untuk memperjelas jalan yang lurus
kepada mereka agar mereka tidak masuk Neraka yang paling menyenbgsarakan dan
kekal selama lamanya tetapi malah mereka marah kepada kita.
Tidakkah mereka berfikir
sebagaimana pesan Allah untuk berfikir diayat diatas dan juga ayat-ayat lainnya
bahwa kekhawatiran yang mereka miliki langsung saja diserobot oleh keturunan
Abu Sofyan, musuh bebuyutan Rasulullah sendiri.
Kenapa kalau kepemimpinan dari keluarga Rasulullah enggan mereka ikuti
sedangkan kepemimpinan dari musuh Rasulullah, justeru mereka dambakan? Itukah namanya yang disebut mu'min? (QS, 2: 8)
Baraqallahu li walakum
walazirullahi akbar .
(angku di
Tampokdjok-Awegeutah,
Acheh - Sumatra)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar