Rabu, 27 Juni 2018

AL QUR-AN MENYURUH OLAH PIKIR: “AFALA TA’QILUN?, AFALA YATAZAKKARUN?






ALAM ‘A’HAD ILAIKUM YABANI ADAM
ALLA TA’BUDUSY SYAITHAN
INNAHU LAKUM ‘ADUWWUM MUBIN
WA ANI’BUDUUNI
HAAZA SHIRAATUM MUSTAQIM...(QS, Yaasin)

hsndwsp
di
Ujung Dunia


Bismillaahirrahmaanirrahiim
Materi 'Aql dalam Al-Qur'an

Materi 'aql dalam Al-Qur'an terulang sebanyak 49 kali. Kecuali satu, semuanya da tang dalam bentuk fi'il mudhari', terutama materi yang bersambung dengan waw jama'ah, seperti bentuk ta'qilun atau ya'qilun.

Kata kerja ta'qilun terulang sebanyak 24 kali dan kata kerja ya'qilun sebanyak 22 ka li. Sedangkan, kata kerja 'aqala, na'qilu, dan ya'qilu masing-masing terdapat satu kali.

Redaksi Afalaa Ta'qilun dalam Al-Qur'an
Yang paling mencolok dalam redaksi tersebut adalah penggunaan bentuk istifham inkari 'pertanyaan negatif' yang bertujuan memberikan dorongan dan membangkit kan semangat. Bentuk redaksional seperti itu (afala ta'qilun) terulang sebanyak 13 kali dalam Al-Qur'an.

Di antaranya adalah firman Allah SWT kepada Bani Israel sekaligus kecaman atas mereka,

QS. 2:44. Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir?

Perbuatan manusia yang bertentangan dengan pengetahuannya dan bertenta ngan dengan perintah yang ia berikan kepada orang lain, tidak akan timbul kecu ali dari orang yang tidak lurus pemikirannya serta tidak matang akalnya. Manusia se perti ini bahkan, boleh jadi, memiliki gangguan psikis.

Ayat lain yang di dalamnya terdapat bentuk istifham inkari yang sama adalah fir man Allah SWT ketika mendebat Ahli Kitab (Yahudi dan Kristen) tentang masalah Ib rahim, termasuk usaha Ahli Kitab untuk memasukkan Ibrahim bagian dari mereka: sebagai Yahudi atau Kristen. Allah berfirman,

QS. 3:65. Hai Ahli Kitab, mengapa kamu bantah-membantah tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim. Apakah kamu tidak berpikir?
Bagaimana mungkin orang dari generasi lebih awal dimasukkan dalam barisan orang yang datang kemudian? Tentulah hanya orang-orang yang tidak mempunyai otak yang berpendapat seperti itu.

Kita temukan juga ayat lainnya, seperti dalam firman Allah SWT berikut.
 QS. 6:32. Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

Ayat sejenis lainnya datang setelah pembicaraan tentang Bani Israel yang rela mengobral nilai-nilai mulia hanya dengan harga murah. Allah SWT berfirman,

QS. 7:169. Maka datanglah sesudah mereka generasi (yang jahat) yang mewarisi Taurat, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini, dan berkata: "Kami a kan diberi ampun". Dan kelak jika datang kepada mereka harta benda dunia seba nyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah perjanjian Taurat sudah diambil dari mereka, yaitu bahwa mereka tidak akan mengatakan ter hadap Allah kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang ter sebut di dalamnya?. Dan kampung akhirat itu lebih baik bagi mereka yang ber takwa. Maka apakah kamu sekalian tidak mengerti?

Demikian pula dengan ayat berikut,
QS. 12:109. Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Ka mi berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah le bih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?

Kalaulah ditimbang antara perkampungan dunia dan akhirat, tentu yang lebih be rat adalah akhirat. Kesenangan dunia itu hanyalah sebentar dan akan hilang. Rasu lullah saww bersabda,

HR. Muslim. "Perbandingan dunia dengan akhirat adalah seperti orang yang mencelupkan salah satu jarinya ke dalam lautan, lihatlah berapa banyak air yang dapat ia ambil."

Bagaimana mungkin nilai dunia akan mengalahkan keutamaan akhirat? Hanya o rang-orang yang tidak berpikir yang mengatakan seperti itu.

Firman Allah SWT kepada Rasulullah SAW berikut ini juga merupakan contoh ayat yang di dalamnya mengandung pertanyaan senada.

QS. 10:16. Katakanlah: "Jika Allah menghendaki, niscaya aku tidak membacakan nya kepadamu dan Allah tidak (pula) memberitahukannya kepadamu". Sesungguh nya aku telah tinggal bersamamu beberapa lama sebelumnya. Maka apakah ka mu tidak memikirkannya?

Allah telah memberi perintah kepada Rasulullah SAW untuk menjelaskan kepada mereka bahwa diutusnya beliau, dengan membawa Al-Qur'an ini, semata-mata a tas kehendak Allah bukan karena kehendaknya sendiri. Telah puluhan tahun Nabi saww hidup bersama mereka, sebelum itu beliau tidak pernah mendakwakan diri, berbicara atas nama Allah, atau mengaku-ngaku menerima wahyu. Maka, bagai mana mungkin dapat diterima akal, orang yang sangat dipercaya selama 40 ta hun kemudian tiba-tiba berdusta? Perjalanan beliau yang harus tiba-tiba "menyim pang" dan melakukan tindakan yang kontroversial, tanpa sebab dan justifikasi. Pa dahal, sampai saat itu, beliau tetap bersama mereka sehingga mereka selalu me ngetahui kondisinya, baik pada saat berada di rumah maupun ketika bepergian, sendirian atau bersama orang lain.


Firman Allah SWT berikut ini juga mengandung esensi yang sama,
QS. 21:10. Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?

Rasulullah saww muncul di tengah-tengah bangsa Arab dengan anugerah Al-Qur 'an yang diturunkan dengan bahasa mereka. Di dalamnya, mereka dan kemuliaan mereka disebut--juga terdapat peringatan untuk mereka agar menyembah Allah, serta tentang risalah dan perjalanan mereka--maka apakah mereka tidak berpikir dan memahami nilai yang besar ini?

Ayat lainnya adalah seperti berikut,
QS. 23:80. Dan Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah yang (me ngatur) pertukaran malam dan siang. Maka apakah kamu tidak memahaminya?

Dalam ayat di ini dipaparkan bagaimana aktivitas Allah di dalam kosmos ini: meng hidupkan dan mematikan serta menggilir siang dan malam. Ini semua merupakan tanda-tanda kesempurnaan kekuasaan Allah, keluasan kehendak-Nya, dan keting gian hikmah-Nya bagi orang yang mempunyai akal, cerdas, dan mampu mere nung. Maka apakah kalian tidak berpikir, wahai orang-orang yang sombong dan ingkar?

Setelah menceritakan tentang bangsa Luth, dijelaskan pula bagaimana Allah me nghancurkan kampung mereka dengan cara membalik tanah tempat mereka ber pijak. Allah SWT berfirman,

QS. 37:137-138. Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi, dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan?

Kemudian redaksi "apakah kamu tidak memikirkannya" kembali terulang melalui li san Nabi Hud AS dan Nabi Ibrahim AS.
Nabi Hud AS bersabda dalam firman Allah,

QS. 11:51. Hai kaumku, aku tidak meminta upah kepadamu bagi seruanku ini. Upah ku tidak lain hanyalah dari Allah yang telah menciptakanku. Maka tidakkah kamu memikirkan (nya)?"

Maksudnya, orang yang tidak meminta gaji dan balasan dari dakwah yang dilaku kannya, bagi orang-orang yang berakal berarti ia bebas dari tuduhan.

Nabi Ibrahim AS bersabda kepada kaumnya dalam firman Allah--ketika mereka me nanyakan siapa yang menghancurkan berhala-berhala mereka--sambil menyindir mereka,

QS. 21:63-67. Ibrahim menjawab: "Sebenarnya patung yang besar itulah yang mela kukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara". Maka mereka telah kembali kepada kesadaran mereka dan lalu berkata: "Sesung guhnya kamu sekalian adalah orang-orang yang menganiaya (diri sendiri)", kemu dian kepala mereka jadi tertunduk (lalu berkata): "Sesungguhnya kamu (hai Ibra him) telah mengetahui bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbicara". Ibrahim berkata: "Maka mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun dan tidak (pula) memberi mudarat kepada ka mu?" Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?

Orang yang menyembah selain Allah, yang tidak dapat memberikan manfaat a tau memberi celaka, seperti batu yang dapat dipecahkan berkeping-keping dan ji ka ditanya tidak mampu menjawab, maka ia tidak pantas dimasukkan dalam ke lompok orang yang berakal.   Hampir sama dengan redaksi tersebut adalah firman Allah SWT (setelah berfirman tentang setan dan peringatan akan bahaya mereka),

QS. 36:62. Sesungguhnya setan itu telah menyesatkan sebahagian besar diantara mu. Maka apakah kamu tidak memikirkan?

Satu redaksional yang bersifat mengingkari datang dengan pelaku orang ketiga bu kan orang kedua, seperti dalam firman Allah SWT,

QS. 36:68. Dan barang siapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kemba likan dia kepada kejadian (nya). Maka apakah mereka tidak memikirkan?


Term Ta'qilun dalam Al-Qur'an

QS. 2:242. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu ayat-ayat-Nya (hukum-hu kum-Nya) supaya kamu memahaminya.

QS. 3:118. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman ke percayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudaratan bagimu. Mereka menyukai apa yang me nyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disem bunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepa damu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.

QS. 24:61. Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, ti dak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu sendiri, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu sendiri atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu- bumu, di rumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang pe rempuan, di rumah saudara bapakmu yang laki-laki di rumah saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara ibumu yang laki-laki di rumah saudara ibumu yang perempuan, di rumah yang kamu miliki kuncinya atau di rumah kawan-ka wanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sen dirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendak lah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepa da dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat (Nya) bagimu, agar kamu memahami nya.

QS. 57:17. Ketahuilah olehmu bahwa sesungguhnya Allah menghidupkan bumi se sudah matinya. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan kepadamu tanda-tanda ke besaran (Kami) supaya kamu memikirkannya. 

QS. 6:151. Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesu atu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepada mu supaya kamu memahami (nya).

QS. 12:2. Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur'an dengan berbaha sa Arab, agar kamu memahaminya.

QS. 43:3. Sesungguhnya Kami menjadikan Al Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memahami (nya).

Term Ya'qilun Bersifat Menetapkan dan Mengingkari
QS. 2:170. Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ikutilah apa yang telah diturun kan Allah," mereka menjawab: "(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang te lah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami". "(Apakah mereka akan me ngikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apa pun, dan tidak mendapat petunjuk?" 

QS. 2:171. Dan perumpamaan (orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah se perti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain pang gilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka ti dak mengerti.

QS. 5:58. Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) shalat, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena me reka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.

QS. 5:103. Allah sekali-kali tidak pernah mensyariatkan adanya bahiirah, saaibah, washiilah dan h haam. Akan tetapi orang-orang kafir membuat-buat kedustaan ter hadap Allah, dan kebanyakan mereka tidak mengerti.

QS. 8:22. Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun.

QS. 10:42. Dan di antara mereka ada orang yang mendengarkanmu. Apakah ka mu dapat menjadikan orang-orang tuli itu mendengar walaupun mereka tidak me ngerti.

QS. 10:100. Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak memperguna kan akalnya.

QS. 29:63. Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah". Katakanlah: "Segala puji bagi Allah", tetapi kebanyakan mereka tidak memahami (nya).

QS. 49:4. Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamar(mu) kebanyakan mereka tidak mengerti.

QS. 59:14. Mereka tidak akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, ke cuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusu han antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu, se dang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mere ka adalah kaum yang tidak mengerti.

QS. 25:43-44. Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa naf sunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atas nya?, atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar a tau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu).

 Ayat-ayat Kauniyah adalah Objek Kajian Akal
QS. 2:164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya ma lam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bu mi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

QS. 30:24. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepa damu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesung guhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.

QS. 45:5. dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya; dan pa da perkisaran angin terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang ber akal.

QS. 13:4. Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang ti dak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian ta nam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pa da yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang ber fikir.

QS. 16:66-67. Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan ba gi orang-orang yang meminumnya. Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memi kirkan.

QS. 16:12. Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguh nya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya),

QS. 29:35. Dan sesungguhnya Kami tinggalkan daripadanya satu tanda yang nyata bagi orang-orang yang berakal.

QS. 22:46. maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempu nyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah ma ta itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

QS. 30:28. Dia membuat perumpamaan untuk kamu dari dirimu sendiri. Apakah a da diantara hamba-sahaya yang dimiliki oleh tangan kananmu, sekutu bagimu da lam (memiliki) rezeki yang telah Kami berikan kepadamu; maka kamu sama de ngan mereka dalam (hak mempergunakan) rezeki itu, kamu takut kepada mereka sebagaimana kamu takut kepada dirimu sendiri? Demikianlah Kami jelaskan ayat-ayat bagi kaum yang berakal.

QS. 67:10-11. Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikir kan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala". Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.
DAN LAIN SEBAGAINYA..



Billahi fi sabililhaq
Hsndwsp Acheh – Sumatra
Di Ujung Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar